Kode Etik Distributor
  • Beranda>
  • Perusahaan>
  • Kode Etik Distributor

Peraturan dan Kode Etik PT Tan-Tan Indonesia (PT TTI)

Pasal 1
Penjelasan Umum

Peraturan dan Kode Etik Perusahaan dibuat sebagai tatanan dan pedoman bagi seluruh member dan distributor PT Tan-Tan Indonesia dalam menjalankan bisnis sebagai partner perusahaan. Peraturan dan Kode Etik ini berisi tentang persyaratan, ketentuan, prosedur dan tata tertib yang bersifat mengikat antara member/distributor dengan perusahaan, sehingga para member dan distributor dapat memahami hak dan kewajibannya terutama dalam bertindak dan menempatkan diri sesuai dengan fungsi dan peranannya.

Pasal 2
Tujuan

Tujuan dibuat Peraturan dan Kode Etik PT Tan ?Tan Indonesia (PT TTI)
  1. Menjelaskan hubungan antara perusahaan dengan member/ distributor
  2. Mengatur standar etika member/distributor dalam menjalankan usahanya di PT Tan-Tan Indonesia
  3. Melindungi dan menjaga kepentingan perusahaan dengan para member/ distributor
  4. Mengatur hubungan diantara member/ distributor yang satu dengan yang lainnya.

Pasal 3
Istilah dan Pengertian

  1. Perusahaan adalah PT Tan-Tan Indonesia yang menjual produk melalui cara Multi Level Marketing (MLM) yang berkedudukan di Jakarta.
  2. Member atau Distributor adalah setiap orang yang bersedia untuk mengikatkan diri menjadi mitra perusahaan dalam memasarkan atau menjual produk perusahaan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di perusahaan.
  3. Formulir Pendaftaran Keanggotaan lembar yang memuat tentang data member/distributor yang wajib di isi sebelum bergabung di perusahaan
  4. Bisnis Kit panduan bisnis yang didalamnya berisi informasi tentang profile perusahaan, produk, bisnis plan, Peraturan dan Kode Etik perusahaan.
  5. Sponsor adalah member/distributor yang mengajak orang lain untuk bergabung sebagai mitra bisnis perusahaan (menjadi atasan/upline)
  6. Partner adalah member/distributor yang diajak Sponsor untuk bergabung sebagai mitra bisnis perusahaan (menjadi bawahan/downline)
  7. Jaringan adalah seluruh member/distributor yang menjalankan bisnis di PT TTI sesuai dengan peringkat kelompok distributor yang bersangkutan
  8. Marketing Plan adalah sistem perhitungan bonus yang menjelaskan keuntungan serta jenjang posisi yang akan dicapai oleh para member/distributor
  9. Poin Value (PV) adalah nilai dari setiap produk yang dijual oleh perusahaan yang digunakan sebagai dasar penentuan posisi dan perhitungan bonus bagi member/distributor
  10. Bonus adalah sejumlah uang yang diberikan perusahaan kepada member/distributor yang telah memenuhi persyaratan sesuai dengan perhitungan dan ketentuan yang tercantum di dalam bisnis plan.
  11. Center adalah tempat yang ditunjuk oleh perusahaan dimana para member/distributor dapat membeli produk, mengurus administrasi keanggotaan, mendapatkan informasi bisnis perusahaan serta training-training bisnis sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan perusahaan.

Pasal 4
Keanggotaan dan Syarat sebagai Member/Distributor

  1. Yang dapat menjadi member/distributor adalah perseorangan atau pemohon yang mandiri, tidak boleh atas nama perusahaan, badan usaha atau sekumpulan organisasi lainnya.
  2. Kedudukan seorang member/distributor adalah berdiri sendiri dan tidak mempunyi ikatan kerja dengan perusahaan, sehingga setiap anggota tidak diperkenankan bertindak untuk dan atas nama perusahaan.
  3. Permohonan untuk menjadi member/distributor diajukan atas kemauan pemohon sendiri tanpa adanya paksaan dari pihak manapun
  4. Untuk menjadi member/distributor harus disponsori oleh seseorang yang telah terdaftar secara resmi menjadi member/distributor PT Tan-Tan Indonesia
  5. Pada saat mendaftar telah berusia minimal 17 tahun atau telah menikah dengan melampirkan bukti foto copy kartu identitas / KTP/SIM/ Kitas/ Paspor yang masih berlaku
  6. Wajib mengisi formulir pendaftaran member/distributor dengan lengkap, jujur dan di tandatangani oleh pemohon dan sponsornya. Pemohon dianggap sah/resmi sebagai member/distributor setelah disetujui oleh perusahaan.
  7. Perusahaan berhak menolak aplikasi pendaftaran yang tidak memenuhi persyaratan sebagai member/distributor
  8. Pemohon yang belum resmi terdaftar sebagai member/distributor tidak dapat membeli atau menjual produk, dan apabila terdapat laporan penjualan atas namanya maka penjualan tersebut dianggap tidak ada.
  9. Bagi member/distributor baru diberikan masa tenggang waktu (cooling of period) selama 10 (sepuluh) hari kerja untuk memutuskan menjadi anggota atau membatalkan pendaftaran dengan mengembalikan alat bantu penjualan/bisnis kit (bila ada) dalam keadaan utuh seperti semula (tidak cacat).
  10. Apabila member/distributor mengalami hambatan secara jasmani atau rohani seperti sudah terlalu tua, sakit, cacat atau sudah meninggal dunia, maka bisnis ini bisa diwariskan kepada ahli warisnya yang dianggap sah menurut surat waris dari member/distributor tersebut, atau ahli waris lainnya yang dianggap sah menurut ketentuan hukum yang berlaku.
  11. Perusahaan hanya mengakui satu orang ahli waris yang dianggap sah. Apabila terdapat perjanjian diantara ahli waris yang ada soal pembagian bonus, maka hal itu dianggap tidak ada kaitannya dengan perusahaan.
  12. Member/distributor yang menjalankan bisnis sebagai hasil ahli waris wajib mengikuti segala syarat dan ketentuan yang sebelumnya telah diberikan oleh member/distributor yang mewariskan bisnis ini.

Pasal 5
Tata Tertib sebagai Member/Distributor

  1. Member/distributor tidak diizinkan bertindak atas nama perusahaan dalam segala tindakan dan urusannya dengan pihak lain. Perusahaan tidak bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan yang diakibatkan oleh prilaku atau tindakan member/ distributor
  2. Member/distributor hanya dapat memberikan pernyataan, deskripsi atau penjelasan baik lisan atau pun tulisan sesuai dengan publikasi resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan
  3. Member/distributor setuju dan menjamin serta membebaskan perusahaan dari segala kewajiban, tuntutan, gugatan, dari pihak manapun termasuk dari member sendiri yang timbul karena kelalaian didalam penyampaian informasi yang tidak sesuai dengan formulir pendaftaran member/distributor serta bertanggung jawab atas semua kerugian dan resiko yang timbul.
  4. Member/distributor tidak boleh mengubah isi atau kandungan produk PT Tan-Tan Indonesia, mengganti kemasan produk serta memberikan informasi spesifik yang salah tentang produk perusahaan
  5. Member/Distributor dilarang untuk mengajak member/distributor lain untuk berpindah jaringan / line / tim.
  6. Member/distributor dilarang untuk mendorong, membujuk, mengundang member/distributor PT Tan-Tan Indonesia untuk bergabung kedalam perusahaan Multi Level lainnya
  7. Member/distributor tidak boleh melakukan hal-hal yang merugikan member/distributor lainnya.
  8. Member/distributor dilarang menggunakan nama perusahaan, logo/lambang, slogan, dan merek dagang tanpa sepengetahuan dan ijin dari perusahaan
  9. Member/distributor tidak dibolehkan menjual atau mengedarkan leaflet/ brosur produk atau segala hal informasi dengan versinya sendiri/versi lain yang tidak sesuai atau berbeda dengan keterangan resmi yang dibuat atau dikeluarkan dari perusahaan
  10. Member/distributor yang menjual produk dilarang melakukan pemaksaan untuk menjual produk, serta menyampaikan informasi yang tidak jujur atau berbohong dan menipu yang menimbulkan kesalahpahaman atau merugikan masyarakat.
  11. Member/distributor tidak boleh membuat laporan penjualan palsu/keliru kepada perusahaan
  12. Semua member/distributor terikat dengan segala ketentuan yang ada dalam Peraturan dan Kode Etik Perusahaan

Pasal 6
Sponsorship

  1. Member/distributor akan disponsori oleh sesorang yang mengajak, mengundang, memperkenalkan dan menjelaskan tentang bisnis dan tata cara keanggotaan di PT Tan-Tan Indonesia.
  2. Seorang calon member/distributor bebas menentukan kepada siapa dirinya akan disponsori
  3. Member/distributor tidak boleh mempengaruhi atau merebut calon member/distributor yang telah memiliki sponsor, apabila terjadi perselisihan atau sengketa perebutan member/distributor maka perusahaan berhak menentukan kepada siapa calon member/distributor tersebut akan disponsori dengan mengembalikan kepada orang awal yang mensponsori
  4. Perusahaan akan menempatkan member/distributor di dalam jaringan sesuai dengan data formulir pendaftaran member/distributor yang telah diisi oleh member/distributor atau sponsornyanya, dan perusahaan tidak bertanggung jawab atas manipulasi data karena kelalaian atau kecurangan yang terjadi.
  5. Member/distributor dilarang merubah atau memindahkan keanggotaannya atau merubah garis sponsorhip satu jaringan ke jaringan lain dengan alasan apa pun
  6. Sponsor bertanggung jawab memberikan bantuan berupa pelatihan, dan bimbingan kepada orang yang disponsori, pelatihan tersebut meliputi mekanisme perhitungan marketing plan, produk serta tata cara peraturan berbisnis di PT Tan-Tan Indonesia
  7. Sponsor harus memotivasi member/distributor yang direkomendasi untuk selalu aktif datang dan mengikuti pertemuan dan pelatihan yang diadakan perusahaan atau center yang telah di tunjuk oleh perusahaan

Pasal 7
Produk dan Harga

  1. Harga jual produk ditentukan oleh perusahaan, perusahaan berhak melakukan perubahan harga dalam kondisi tertentu.
  2. Member/distributor mempunyai kebebasan memasarkan atau menjual produk di seluruh wilayah Indonesia.
  3. Pembelian produk dapat dilakukan melalui online, kantor pusat atau center yang telah di tunjuk oleh perusahaan
  4. Pembelian produk dapat diterima apabila member/distributor telah melakukan pembayaran secara tunai atau transfer, pembayaran kartu debit/kredit dan telah dikonfirmasikan ke perusahaan dengan menunjukan tanda terima pembayaran.
  5. Member/distributor tidak diperbolehkan menjual produk dengan harga yang menyimpang dari peraturan dan ketentuan perusahaan
  6. Member/distributor harus mengecek kembali item produk yang telah dibeli, apabila terjadi selisih pembelanjaan harus segera menyampaikan kepada perusahaan

Pasal 8
Cara Pembayaran dan Perhitungan Bonus

  1. Seluruh bonus dihitung berdasarkan PV (point value), yang perhitungannya dilakukan secara harian, mingguan dan bulanan. Besarnya bonus yang akan diterima oleh distributor sesuai ketentuan perhitungan di marketing plan.
  2. Perusahaan akan memproses bonus para distributor sesuai hasil penjualan produk yang terhitung sebagai berikut :
  3. Periode penjualan produk dimulai setiap hari Rabu sampai dengan Selasa, dan bonus mingguan akan dikeluarkan pada hari Rabu berikutnya. Contoh :
    Transaksi penjualan ibu Ani dimulai pada hari Rabu, 1 Maret 2017 s/d Selasa 7 Maret 2017
    1. Bonus mingguan yang akan diterima yaitu hari Rabu berikutnya di minggu ke 2 bulan maret yang jatuh pada tanggal 15 maret 2017
    2. Ada 3 macam bonus yang akan dibayarkan secara mingguan yaitu: Bonus Rekomendasi, Bonus Sponsor dan Bonus Matching Rekomendasi.
    3. Transaksi penjualan harian akan diakumulasi selama 1 bulan untuk mendapatkan bonus bulanan yang akan dibayarkan setiap tanggal 15 bulan berikutnya. Bonus yang dibayarkan bulanan yaitu : Bonus Pangkat dan Bonus Center
  4. Hanya transaksi yang sudah lunas yang dapat diproses untuk perhitungan bonus.
  5. Apabila pembayaran bonus bertepatan dengan hari libur, maka bonus akan dibayarkan pada hari berikutnya.
  6. Perusahaan akan memberlakukan pemotongan pajak pph 21 atas bonus yang diterima oleh distributor sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia.
  7. Pembayaran bonus akan ditransfer langsung kepada distributor sesuai dengan Bank relasi yang telah ditunjuk oleh perusahaan yaitu Bank Mandiri dan Bank BCA. Diluar bank rekanan diharuskan melampirkan fotocopy buku tabungan halaman pertama yang terdapat di buku rekening bank yang bersangkutan.
  8. Jika nama distributor yang terdaftar sebagai keanggotaan di PT Tan-Tan tidak sama/berbeda dengan nama penerima bonus (distributor menggunakan nomor rekening atas nama orang lain) maka distributor wajib melampirkan Surat Kuasa yang telah ditandatangani di atas materai, dan harus diserahkan ke perusahaan saat awal mendaftar sebgai distributor.
  9. Perusahaan tidak menjamin keterlambatan pembayaran bonus sesuai tanggal yang telah ditetapkan, apabila distributor menggunakan Bank diluar Bank rekanan Perusahaan
  10. Segala biaya yang timbul karena distributor memiliki Bank diluar rekanan Bank perusahaan maka akan dikenakan biaya administrasi sesuai dengan ketentuan Bank yang bersangkutan, Biaya administrasi tersebut akan dipotong langsung dari bonus mingguan / bulanan.
  11. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas kesalahan penulisan nomor rekening yang dilakukan oleh para distributor Tan- Tan. Keterlambatan transfer akibat kelalaian Bank di luar tanggung jawab Perusahaan
  12. Setiap perubahan nomor rekening, distributor harus memberitahukan kepada perusahaan secara tertulis ditandatangani diatas materai dengan melampirkan fotocopy buku tabungan yang mencantumkan nomor rekening pada halaman pertama yang terdapat dibuku rekening Bank.
  13. Setiap permasalahan mengenai perhitungan bonus yang tidak sesuai, maka distributor harus melaporkan segera kepada perusahaan yaitu maksimal 1 minggu setelah bonus diterima oleh distributor dengan melampirkan bukti bukti yang diperlukan.

Pasal 9
Sanksi- Sanksi

  1. Setiap member/distributor yang melanggar Peraturan dan Kode Etik serta peraturan lainnya yang berlaku di perusahaan akan dikenakan sanksi sebagai berikut :
    1. Untuk pelanggaran pertama kali perusahaan akan menegur secara lisan
    2. Untuk pelanggaran kedua perusahaan akan memberikan peringatan secara tertulis
    3. Pelanggaran yang terjadi untuk ketiga kali perusahaan akan memberikan sanksi berupa pemberhentian dan pencabutan keanggotaan sebagai member/distributor.
  2. Mekanisme pemberian sanksi kepada member/distributor yang dicabut keanggotaannya maka secara otomatis tidak lagi berhak untuk mendapatkan kompensasi apapun berupa bonus, reward, program promosi lainnya yang sedang berlangsung terhitung efektif sejak dicabutnya keanggotaan member/distributor tersebut.

Pasal 10
Penutup

  1. Seluruh member/distributor wajib menjalankan serta mematuhi Peraturan dan Kode Etik yang berlaku di PT Tan-Tan Indonesia,
  2. Peraturan dan Kode Etik ini hanya berlaku di wilayah hukum Indonesia dan mulai efektif berlaku sejak tanggal ditetapkan sampai dengan adanya perubahan /pembaharuan selanjutnya
  3. Perusahaan berhak untuk mengubah dan atau memperbaharui Peraturan dan Kode Etik Ini apabila dianggap perlu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada member/distributor
  4. Hal-hal yang belum tercakup dalam Peraturan dan Kode Etik ini akan di atur dan ditentukan kemudian.